Rabu, 15 Oktober 2008

komponen awt

Komponen awt


Window Classes Fundamental


Dalam mengembangkan aplikasi GUI, komponen GUI seperti tombol atau textfield diletakkan di dalam kontainer. Berikut ini adalah daftar dari beberapa kelas penting pada kontainer yang telah disediakan oleh AWT.

SWT Class

Description

Komponen

Abstract Class untuk objek yang dapat ditampilkan pada console dan berinteraksi dengan user. Bagian utama dari semua kelas AWT.

Kontainer

Abstract Subclass dari Compnoent Class. Sebuah komponen yang dapat menampung komponen yang lainnya.

Panel

Turunan dari Container Class. Sebuah frame atau window tanpa titlebar, menubar tidak termasuk border. Superclass dari applet class

Window

Turunan dari Container class. Top level frame atau window, dimana berarti tidak bias dimasukikan dalam objek yang lainnya. Tidak memiliki border dan menubar

Frame

Turunan dari wondow class. Window dengan judul, menubar, border dan pengatur ukuran di pojok. Memiliki empat konstruktor , dua diantaranya memiliki penulisan seperti dibawah ini:

Frame()

Frame (String title)


Untuk mengatur ukuran window, menggunakan metode setSize. void setSize(int width, int height) mengubah ukuran komponen ini dengan width dan height sebagai parameter.


void setSize(Dimension d)

mengubah ukuran dengan d.width dan d.height berdasar pada spesifikasi Dimension d. Default dari window adalah not visible atau tak tampak hingga Anda mengatur visibility menjadi true. Inilah syntax untuk metode setVisible.


void setVisible(boolean b)

Dalam mendesain aplikasi GUI, Object Frame selalu digunakan. Dibawah ini adalah contoh bagaimana membuat sebuah aplikasi.


import java.awt.*;

public class SampleFrame extends Frame {

public static void main(String args[]) {

SampleFrame sf = new SampleFrame();

sf.setSize(100, 100); //Coba hilangkan baris ini

sf.setVisible(true); //Coba hilangkan baris ini

}

}


perhatikan bahwa tombol tutup pada frame tidak akan bekerja karena tidak ada mekanisme


event handling yang ditambahkan di dalam aplikasi. Anda akan belajar tentang event handling

Grafik


Beberapa metode grafik ditemukan dalam Graphic class. Dibawah ini adalah daftar dari beberapa metode.

drawLine()

drawPolyline()

setColor()

fillRect()

drawPolygon()

getFont()

drawRect()

fillPolygon()

setFont()

clearRect(0

getColor()

drawString()


Hubungan dari kelas ini adalah Color class, dimana memiliki tiga konstruktor.

Constructor Format

Description

Color(intr,intg,intb)

Nilai integer 0 – 255

Color(float r,float g,float b)

Nilai float 0.0 – 1.0

Color(int rgbValue)

Panjang nilai : 0 ke 2­­­24-1 (hitam ke putih)

Red : bit 16 – 23

Green : bits 8 – 15

Blue : bits 0 - 7


Dibawah ini adalah contoh program yang menggunakan beberapa metode di dalam Graphic class.


import java.awt.*;

public class GraphicPanel extends Panel {

GraphicPanel() {

setBackground(Color.black); //constant in Color class

}

public void paint(Graphics g) {

g.setColor(new Color(0,255,0)); //green

g.setFont(new Font("Helvetica",Font.PLAIN,16));

g.drawString("Hello GUI World!", 30, 100);

g.setColor(new Color(1.0f,0,0)); //red

g.fillRect(30, 100, 150, 10);

}

public static void main(String args[]) {

Frame f = new Frame("Testing Graphics Panel");

GraphicPanel gp = new GraphicPanel();

f.add(gp);

f.setSize(600, 300);

f.setVisible(true);

}

}

Agar panel dapat terlihat atau visible, dia harus diletakkan didalam window yang dapat terlihat seperti sebuah frame.


Beberapa komponen AWT

Berikut ini adalah daftar dari kontrol AWT. Kontrol adalah komponen seperti tombol atau textfield yang mengijinkan user untuk berinteraksi dengan aplikasi GUI. Berikut ini semua subkelas dari Components class.

Label

Button

Choice

TextField

Checkbox

List

TextArea

CheckboxGroup

Scrollbar


Berikut adalah aplikasi membuat sebuah frame dengan kontrol yang telah dimasukkan di dalamnya.


import java.awt.*;

class FrameWControls extends Frame {

public static void main(String args[]) {

FrameWControls fwc = new FrameWControls();

fwc.setLayout(new FlowLayout()); //more on this later

fwc.setSize(600, 600);

fwc.add(new Button("Test Me!"));

fwc.add(new Label("Labe"));

fwc.add(new TextField());

CheckboxGroup cbg = new CheckboxGroup();

fwc.add(new Checkbox("chk1", cbg, true));

fwc.add(new Checkbox("chk2", cbg, false));

fwc.add(new Checkbox("chk3", cbg, false));

List list = new List(3, false);

list.add("MTV");

list.add("V");

fwc.add(list);

Choice chooser = new Choice();

chooser.add("Avril");

chooser.add("Monica");

chooser.add("Britney");

fwc.add(chooser);

fwc.add(new Scrollbar());

fwc.setVisible(true);

}

}


Layout Manager

Posisi dan ukuran suatu komponen ditentukan oleh layout manager. Layout manager mengatur tampilan dari komponen di dalam kontainer. Berikut ini beberapa layout manager yang terdapat di dalam Java.


1.FlowLayout

2.BorderLayout

3.GridLayout

4.GridBagLayout

5.CardLayout


Layout manager dapat diatur menggunakan metode setLayout dari Container class. Metode ini dapat ditulis sebagai berikut.


void setLayout(LayoutManager mgr)


Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan layout manager, Anda dapat mengisi null sebagai argumen untuk metode ini. Tetapi selanjutnya, Anda akan mengatur posisi elemen secara manual dengan menggunakan metode setBounds dari Components class.


public void setBounds(int x, int y, int width, int height)

Metode ini mengatur posisi berdasarkan pada argumen x dan y, dan ukuran berdasarkan argumen width dan height. Hal ini akan cukup menyulitkan dan membosankan untuk aplikasi jika Anda memiliki beberapa objek komponen didalam objek kontainer. Anda akan memanggil metode ini untuk setiap komponen.


FlowLayout Manager

FlowLayout Manager adalah default manager untuk Panel class dan subkelasnya, termasuk applet class. Cara meletakkan komponen dari FlowLayout Manager dimulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah, dimulai dari pojok kiri atas. Seperti pada saat Anda mengetik menggunakan editor kata pada umumnya. Berikut adalah bagaimana FlowLayout Manager bekerja, dimana memiliki tiga konstruktor seperti daftar di bawah ini.

FlowLayout Constructors

FlowLayout()

Membuat objek baru FlowLayout dengan posisi di tengah dan lima unti horizontal dan vertical gap dimasukkan pada komponen sebagai default

FlowLayout(int align)


FlowLayout Constructors

Membuat objek baru FlowLayout dengan posisi spesifik dan lima unti horizontal dan vertikal gap dimaukkan pada komponen sebagai default

FlowLayout(int align, int hgap, int vgap)

Membuat objek baru FlowLayout denagn argumen pertama sebagai posisi pada kompnen dan hgap untuk horizontal dan vgap untuk vertikal pada kompoen


Gap dapat dikatakan sebagai jarak antara komponen dan biasanya diukur dengan satuan pixel. Posisi argumen mengikuti penulisan sebagai berikut :


1.FlowLayout.LEFT

2.FlowLayout.CENTER

3.FlowLayout.RIGHT


Bagaimanakah output dari program berikut?


import java.awt.*;

class FlowLayoutDemo extends Frame {

public static void main(String args[]) {

FlowLayoutDemo fld = new FlowLayoutDemo();

fld.setLayout(new FlowLayout(FlowLayout.RIGHT, 10, 10));

fld.add(new Button("ONE"));

fld.add(new Button("TWO"));

fld.add(new Button("THREE"));

fld.setSize(100, 100);

fld.setVisible(true);

}

}


BorderLayout Manager


BorderLayout membagi kontainer menjadi lima bagian diantaranya utara, selatan, timur, barat, dan tengah. Setiap komponen dimasukkan ke dalam region yang spesifik. Region utara dan selatan membentuk jalur horizontal sedangkan region timur dan barat membentuk jalur vertikal. Dan region tengah berada pada perpotongan jalur horizontal dan vertikal. Tampilan ini adalah bersifat default untuk objek Window, termasuk objek dari subkelas Window yaitu tipe Frame dan Dialog.


Konstruktor BorderLayout

BorderLayout()

Membuat objek BorderLayout baru tanpa spasi yang diaplikasikan diantara komponen yang berbeda

BorderLayout(int hgap,int vgap)

Membuat objek BorderLayout baru dengan spasi unit hgap horizontal dna unit vgap vertical yang diaplikasikan diantaranya komponen yang berbeda.


Seperti pada FlowLayout Manager, parameter hgap dan vgap disini juga menjelaskan jarak antara komponen dengan kontainer. Untuk menambahkan komponen kedalam region yang spesifik, gunakan metode menambahkan dan melewatkan dua argumen yaitu : komponen yang ingin dimasukkan ke dalam region dan region mana yang ingin dipakai untuk meletakkan komponen. Perlu diperhatikan bahwa hanya satu komponen yang dapat dimasukkan dalam satu region. Menambahkan lebih dari satu komponen pada kontainer yang bersangkutan, maka komponen yang terakhir ditambahkan yang akan ditampilkan. Berikut ini adalah daftar dari kelima region.


1. BorderLayout.NORTH

2. BorderLayout.SOUTH

3. BorderLayout.EAST

4. BorderLayout.WEST

5. BorderLayout.CENTER


Berikut ini adalah contoh program yang menunjukkan bagaimana BorderLayout bekerja.


import java.awt.*;

class BorderLayoutDemo extends Frame {

public static void main(String args[]) {

BorderLayoutDemo bld = new BorderLayoutDemo();

bld.setLayout(new BorderLayout(10, 10)); //may remove

bld.add(new Button("NORTH"), BorderLayout.NORTH);

bld.add(new Button("SOUTH"), BorderLayout.SOUTH);

bld.add(new Button("EAST"), BorderLayout.EAST);

bld.add(new Button("WEST"), BorderLayout.WEST);

bld.add(new Button("CENTER"), BorderLayout.CENTER);

bld.setSize(200, 200);

bld.setVisible(true);

}

}


GridLayout Manager


Dengan GridLayout manager, komponen juga diposisikan dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah seperti pada FlowLayout manager. GridLayout manager membagi kontainer menjadi baris dan kolom. Semua region memiliki ukuran yang sama. Hal tersebut tidak mempedulikan ukuran sebenarnya dari komponen. Berikut ini adalah daftar dari konstruktor untuk GridLayout class.


Konstruktor GridLayout

GridLayout()

Membuat objek GridLayout baru dengan satu baris dan satu kolom sebagai default

GridLayout( int rows, int cols)

Membuat objek GridLayout baru dengan jumlah baris dan kolom sesuai dengan keinginan

GridLayout(int rows,int cols,int hgap,int vgap)

Membuat objek GridLayout baru dengan jumlah baris dan kolom yang ditentukan. Untuk spasi hgap horizontal dan vgap vertikal diaplikasikan ke dalam komponen.



Cobalah program ini.


import java.awt.*;

class GridLayoutDemo extends Frame {

public static void main(String args[]) {

GridLayoutDemo gld = new GridLayoutDemo();

gld.setLayout(new GridLayout(2, 3, 4, 4));

gld.add(new Button("ONE"));

gld.add(new Button("TWO"));

gld.add(new Button("THREE"));

gld.add(new Button("FOUR"));

gld.add(new Button("FIVE"));

gld.setSize(200, 200);

gld.setVisible(true);

}

}


Panel dan Tampilan kompleks

Untuk membuat tampilan yang lebih komplek, Anda dapat menggabungkan layout manager yang berbeda dengan menggunakan panel. Ingatlah bahwa panel adalah kontainer dan komponen pada saat yang sama. Anda dapat memasukkan komponen ke dalam panel dan kemudian menambahkan panel ke dalam region yang Anda inginkan di dalam kontainer. Perhatikan teknik yang digunakan pada contoh berikut.


import java.awt.*;

class ComplexLayout extends Frame {

public static void main(String args[]) {

ComplexLayout cl = new ComplexLayout();

Panel panelNorth = new Panel();

Panel panelCenter = new Panel();

Panel panelSouth = new Panel();

/* North Panel */

//Panels use FlowLayout by default

panelNorth.add(new Button("ONE"));

panelNorth.add(new Button("TWO"));

panelNorth.add(new Button("THREE"));

/* Center Panel */

panelCenter.setLayout(new GridLayout(4,4));

panelCenter.add(new TextField("1st"));

panelCenter.add(new TextField("2nd"));

panelCenter.add(new TextField("3rd"));

panelCenter.add(new TextField("4th"));

/* South Panel */

panelSouth.setLayout(new BorderLayout());

panelSouth.add(new Checkbox("Choose me!"),

BorderLayout.CENTER);

panelSouth.add(new Checkbox("I'm here!"),

BorderLayout.EAST);

panelSouth.add(new Checkbox("Pick me!"),

BorderLayout.WEST);

/* Adding the Panels to the Frame container */

//Frames use BorderLayout by default

cl.add(panelNorth, BorderLayout.NORTH);

cl.add(panelCenter, BorderLayout.CENTER);

cl.add(panelSouth, BorderLayout.SOUTH);

cl.setSize(300,300);

cl.setVisible(true);

}

}

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda