Senin, 13 Oktober 2008

tipe kepribadian

Usaha-usaha untuk menyusun teori dalam psikologi kepribadian telah sejak lama dilakukan orang. Hasil-hasil dari usaha-usaha tersebut ada yang nilai ilmiahnya masih jauh dari memadai dan karenanya dapat disebut usaha-usaha yang masih bersifat prailmiah seperti chirologi (ilmu gurat tangan), astrologi (ilmu perbintangan), grafologi (ilmu tulisan tangan), phisiognomi (ilmu tentang wajah), phrenologi (ilmu tentang tengkoran) dan onychologi (ilmu tentang kuku).

Usaha-usaha yang lebih tinggi nilainya dilakukan oleh Hippocrates yang berpendapat bahwa diri seseorang terdapat 4 macam cairan tubuh yang mempengaruhi karakter seseorang yaitu: empedu kuning, empedu hitam, lendir dan darah merah. Galenus menyempurnakan teori Hippocrates ini. Teori Galenus ini dijabarkan kembali oleh Florence Littauer dalam bukunya Personality Plus tentang kholeris, melankholis, phlegmatis dan sanguinis.


Masih banyak lagi teori-teori tentang kepribadian, baik teori dari Edwar Spranger, Kurt Lewin, Carl Rogers, Jung, H.J. Eysenck, dll. Pada tahun 2004, Taylor Hartman mencoba membedakan kepribadian manusia dengan menggunakan kode warna, karena masih baru, teori Taylor Hartman ini sangat menarik untuk diulas.

Setiap orang memiliki kepribadian dasar. Kepribadian seseorang telah terbentuk sejak nafas pertama ditiupkan di dalam kandungan. Kepribadian seseorang memang dapat berkembang tetapi tidak akan keluar dari sifat-sifat inti atau dasarnya. Kepribadian adalah inti pikiran dan perasaan didalam diri seseorang yang memberitahu bagaimana ia membawa diri. Kepribadian merupakan daftar respon berdasarkan nilai-nilai dan kepercayaan yang dipegang kuat. Kepribadian akan mengarahkan reaksi emosional seseorang disamping rasional terhadap setiap pengalaman hidup. Dengan kata lain, kepribadian adalah proses aktif didalam setiap hati dan pikiran seseorang yang menentukan bagaimana ia merasa, berpikir dan berperilaku (Hartman, 2004).


Taylor Hartman (2004) membagi tipe kepribadian menurut empat aspek dominan didalam alam –
api, tanah, air dan udara. Atas dasar ini kemudian ia membedakan empat tipe kepribadian orang menurut kode warna, yaitu tipe kepribadian merah, biru, putih dan kuning. Kepribadian merah merepresentasikan sifat-sifat api – memiliki semangat yang membara dalam kehidupan; kepribadian biru merepresentasikan sifat-sifat tanah – kuat dan teguh dalam pendirian; kepribadian putih merepresentasikan sifat-sifat dasar air mengalir dan mengikuti arus; kepribadian kuning merepresentasikan sifat-sifat angin – bertiup kesana kemari. Masing-masing tipe kepribadian memiliki keunikan sendiri yang merupakan gabungan antara kekuatan dan kelemahan.


Kepribadian memang bersifat unik, sehingga tidak ada satu orangpun yang sama persis dengan orang yang lain, meski terlahir kembar satu telur. Memang ada jutaan variasi kepribadian, namun menurut Hartman (2004) kepribadian setiap orang dapat digolongkan menurut motif dasar, kebutuhan dan keinginan yang cenderung stabil sepanjang hayat. Di pandang dari sudut perbedaan motif dasar, kebutuhan dan keinginan maka setiap orang dapat digolongkan kedalam tipe kepribadian merah, biru, putih dan kuning. Penggolongan berdasarkan warna ini dengan maksud agar lebih mudah untuk diingat.


Seseorang akan dapat menemukan perbedaan-perbedaan motif dasar, kebutuhan dan keinginan diantara empat tipe kepribadian, yakni merah, biru, putih dan kuning. Untuk uraian 4 tipe kepribadian ini sangat panjang, saya mencoba untuk membatasinya hanya pada tipe cintanya aja ya.


* Kepribadian merah menjalani hidup dengan penuh kekuatan. Merah sangat berkomitmen pada tujuan dan bertekad untuk menyelesaikan apapun yang disodorkan kehidupan di hadapannya. Kepribadian merah begitu penuh tekad dan produktif sehingga keintiman diabaikan atau disangkal sebagai bukan hal penting.


* Kehidupan adalah rangkaian komitmen bagi biru. Berkomitmen pada hubungan mungkin merupakan kekuatan biru yang terbesar. Biru senang bersama orang lain dan dengan sukarela mengorbankan keuntungan pribadi demi memiliki hubungan yang akrab. Biru memberi diri dengan murah hati dalam hubungan bernilai. Karena kesediaan untuk komit dalam hubungan, biru menjalin persahabatan mendalam yang seringkali berlangsung seumur hidup. Biru sangat bisa diandalkan dan memandang janji verbal sama mengikatnya seperti kontrak tertulis manapun, bangga akan kemampuan mempertahankan hubungan jangka panjang. Sifat mengagumkan ini memberi kredibilitas konsep bahwa biru biasanya menikmati hubungan yang jauh lebih kaya daripada tipe kepribadian manapun. Biru sepenuhnya setia pada orang. Biru tetap setia dalam masa senang dan susah. Ketika orang menyadari dalamnya komitmen biru, mudah dipahami mengapa cuaca baik dan buruk tidak banyak berdampak pada kesetiaan biru.


* Biru dan putih sama-sama mampu sangat komit pada satu sama lain. Biru dan putih menghargai rasa aman dan menemukan hubungan dalam komitmen sebagai cara paling alamiah untuk menikmati hidup. Biru cenderung merasakan komitmen emosional yang mendalam pada orang, sementara putih merasa mudah menerima dan mencintai orang-orang yang dijumpai. Putih toleran dan menerima orang lain. Putih komit tanpa banyak ribut dalam hubungan.


* Tidak ada kepribadian lain yang mengejar kesenangan seperti
kuning. Kuning seringkali hidup untuk bermain. Ketika kuning tertekan ditempat kerja atau dirumah, hobi yang membangkitkan energi atau liburan singkat menggantikan wajah lusuh dengan semangat kemudaan. Kuning tidak mengerti mengapa ada yang mau komit pada sesuatu yang tidak mengandung kesenangan didalamnya. Karena menyukai kesenangan dan tidak suka dikekang, kuning jarang mau terikat dalam suatu pernikahan.


Pada penjabaran dari Hartman (2004) diatas, dapat disimpulkan bahwa :


1. Tipe biru dan putih mempunyai komitmen paling tinggi dalam hubungan dengan pasangan. Biru cenderung merasakan komitmen emosional yang mendalam pada orang, sementara putih merasa mudah menerima dan mencintai orang-orang yang dijumpai. Putih toleran dan menerima orang lain. Putih komit tanpa banyak ribut dalam hubungan.


2. Tipe kuning mempunyai kadar komitmen yang paling rendah, kuning menyukai kesenangan dan tidak suka dikekang.


3. Tipe merah adalah tipe kepribadian yang paling rendah keintimannya karena kepribadian merah begitu penuh tekad dan produktif sehingga keintiman diabaikan atau disangkal sebagai bukan hal

Label:

tentang temperamental

Kadang kita emang rada sulit buat ngenal pribadi orang lain atau bahkan diri sendiri. Bergaul sama banyak orang pasti ngebikin kita suka bingung buat beradaptasi dengan cepat. So, kita perlu belajar memahami kekurangan orang lain, juga mau ngeliat kekurangan dalam diri sendiri.

Apa sih temperamen itu?

Temperamen adalah kombinasi gen dan kromosom yang diwarisi orang tua kamu pada saat pembuahan. Jangan heran kalo ngeliat temen-temen kamu yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Ada yang kelewat sabar, keras, pemalu, tegas, lamban, cepet marah dan lainnya.

Empat temperamen

Hyppocrates ngebagi manusia jadi 4 golongan besar yang dinamai: Sanguinis, Kholeris, Melankolis, Phlegmatic. Masing-masing tipe temperamen punya kekuatan & kelemahan yang ngebentuk suatu bagian dari pribadinya sepanjang hidup. Tapi, ada tapinya nih. Nggak ada seorangpun di dunia ini yang 100% Sanguinis, Kholeris, Melankolis, atau Phlegmatic. Kita semua merupakan kombinasi sekurang-kurangnya 2 atau mungkin 3 temperamen. Nah, coba deh chek karakteristik yang ada dibawah ini.

1. Melankolis

Biasanya si melankolis tuh siswa yang baik dan senang belajar, orangnya selalu ingin tahu. Mereka punya ingatan yang kuat dan mampu mengingat hal-hal yang sepele plus punya tata bahasa yang diatur. Melankolis bersifat perfeksionis dan sangat teliti. Nggak gampang ngelupain kesalahan orang lain juga jarang ngasih pujian. la adalah tipe yang analistis, suka berkorban, berbakat, perfeksionis dengan sifat yang sangat sensitive. Tidak ada yang dapat menikmati kesenian murni dari si melankolis. Menurut sifatnya ia cenderung introvert namun karena didominasi perasaan ia cenderung memiliki suasana hati yang beraneka ragam. Kadang-kadang sukacitanya yang luar biasa bakal ngebikinnya jadi lebih ekstrovert. Meskipun demikian, saat lainnya ia akan murung dan tertekan dan pada masa-masa seperti ini ia menarik diri dan menjadi agak antagonis. Dia tuh sahabat yang setia namun nggak mudah ngedapetin sahabat. Orangnya jarang bergerak maju buat nemuin orang-orang, melainkan ngebiarin orang lain nemuin dia. Mungkin di antara semua temperamen, ia yang paling dapat diandalkan karena perfeksionis dan nggak ngizinin buat melalaikan kewajiban. Pengalaman-pengalaman yang ngecewain ngebikinnya jadi enggan buat nerima orang. Jadi ia cenderung bersikap curiga kalo ada orang lain yang perhatian sama dia. Ia dapat mengatasi krisis apapun yang mungkin mungkin muncul. Sekali ia memilih, ia cenderung bersunggguh-sungguh dan tekun dalam memburu sasaran, kemungkinan besar juga bakal nyelesainnya dengan baik. Kalau dilihat dari nilai negatifnya, dia tuh orang yang egois banget plus cenderung negatif thinking.

2. Phlegmatic


Suka nunda dan nganggap santai kerjaan itulah si phlegmatis, baiknya orang kayak gini dikasi kerjaan yang jangka pendek.Orangnya emang tenang, hampir-hampir nggak pernah marah. Punya pribadi yang lebih sabar. Temen kita ini bener-bener tipe orang yang paling mudah diajak gaul. Secara alamiah ia orang yang paling menyenangkan diantara semua temperamen. Aktifitas kehidupannya demikian tenang, dingin lamban, plus seimbang. Hidup baginya kayak sebuah pengalaman yang menyenangkan namun tanpa gairah dimana ia sedapat mungkin menghindari kekerasan. Saking cool-nya sampe-sampe nggak pernah ngerasa gelisah tuh. Karena baik hati dan simpatik, ia jarang ngungkapin perasaannya. Ia punya sifat yang ngedamein orang lain. Tapi jeleknya teman kita ini kurang punya motivasi. Yang lebih bahaya lagi orangnya sukaaa banget nunda-nunda. Ngadepinnya sih stay cool aja deh soalnya selain egois, juga perkataannya nggak bisa kita pegang alias plin-plan yang kadang ngebuat kita rada gerah kalo berada di dekatnya. Selain itu si phlegmatis juga memiliki rasa kekhawatiran yang cukup tinggi.

3. Kholeris


Dalam study biasanya pintar namun nggak terlalu cemerlang, suka pelajaran yang berorientasi kepada orang kayak pelajaran sejarah, geografi, sastra dan psikologi. Mereka hobi nanya dan cepet ngucapin sesuatu. Cenderung otoriter, keras dan senang merintah. Ia seorang yang panas, cepat, aktif, praktis, berkemauan keras, mandiri, dan sangat independen. Cenderung bersikap tegas dan berpendirian keras. Sifatnya ekstrovert, ia nggak suka terlibat dalam kegiatan yang tidak memiliki tujuan. Hebatnya nih, orangnya nggak gampang bimbang kalo lagi berada dibawah tekanan pemikiran orang lain. Ketetapannya yang mantap ngebuatnya berhasil dalam bidang dimana orang lain gagal. Nggak cenderung menganalisa, tetapi perkiraannya berdasarkan intuisi. Orang kholeris cenderung mandang pada sasaran untuk apa ia kerja tanpa nyadari jebakan dan rintangan yang menghadang di jalan. Suka bersikap dominan dan menjadi bos. Pinter-pinter deh gaul sama dia, selain dingin dalam pergaulan orangnya juga cepat merasa puas, ceroboh, dominan, sarkatis dan cepat marah.

4. Sanguinis


Dalam study biasanya bukan siswa yang baik, cepat gelisah dan tidak disiplin. Sebenarnya mereka punya potensi yang luar biasa namun jadi sia-sia karena kurang disiplin. Temen kita yang satu ini nih nggak bisa konsentrasi dalam waktu jangka panjang. Segala sesuatu yang dilakukan bersifat spontan. Orangnya nggak pendendam, pribadinya yang hangat, meluap-luap, bersemangat dan bersifat menikmati. Karena memiliki sifat yang mudah menerima, pribadinya jadi begitu ramah sehingga ia biasanya dianggap super ekstrovert. Ia nggak bakalan kekurangan sahabat. Gayanya yang gaduh, bersuara keras, ramah, membuatnya tampak percaya diri lebih dari pada yang sebenarnya. Tapi ada tapinya juga nih, minesnya dia tuh kurang disiplin, juga punya emosi yang nggak stabil, nggak produktif, kadang suka ngebesarin masalah. Jangan kaget kalo ketemu orang yang kayak gini. Belajar aja buat nerima dia apa adanya. Orangnya banyak ngomong sampe-sampe nggak punya rahasia yang disimpan.

Nah, temen-temen udah tau dong karakteristik apa aja yang terdapat di dalam pergaulan So, no body's perfect!! Tinggal gimana aja kamu mau belajar dan beradaptasi buat ngertiin temperamen orang yang beda-beda. Key, keep up the good work guys!!


Label:

soal pekerjaan

Pekerjaan begitu tidak menyenangkan ? sikapi dan antisipasi keadaan ini sedini mungkin.


belakangan ini Mia kelihatan tidak ceria di pagi hari. Sejak mendapatkan bos baru, setiap saat Mia sudah membayangkan apa yang akan dihadapinya di kantor, rasanya begitu banyak pekerjaan jadi tidak menyenangkan, belum lagi menghadapi tingkah laku bosnya yang sering menyebalkan. Apakah Anda juga sedang mengalami hal seperti Mia? Mungkin Anda harus

segera mengantisipasinya. Hal–hal seperti yang dirasakan oleh Mia kerap muncul dan harus kita hadapi, karena kejenuhan atau rutinitas pekerjaan. Kita kurang pandai dalam membuat variasi bekerja, sehingga hal–hal yang awalnya nampak menyenangkan menjadi tidak menyenangkan lagi. Bekerja di bidang yang Anda cintai sekalipun, ada kalanya juga dihadapkan pada tugas yang menyebalkan. Mengapa hal demikian bisa kita alami? Bagaimana cara kita mengatasinya? Cobalah tips dan trik berikut ini agar pekerjaan Anda menjadi lebih menyenangkan setiap saat:


1. Bangun Suasana Hati


Sebelum memulai pekerjaan, ciptakan dulu keceriaan dalam hati Anda. Tak usah memikirkan yang berat-berat, cukup yang ringan-ringan saja dengan keyakinan ‘pasti’ berhasil membangun suasana hati. Misalnya, Anda tahu kan bahwa sebatang coklat dan segelas kopi mempunyai efek yang bagus untuk meningkatkan gairah Anda. Jadi .... siapkan saja. Atau Anda punya soundtrack of life yang selalu bisa membangkitkan motivasi Anda di saat down sekalipun, seperti lagu I Believe I Can Fly atau Maju Tak Gentar, mungkin?


2. Cari Alasan


Tentu bukan mempertanyakan mengapa Anda tidak selamat dari tugas itu. Anggap saja itu suratan takdir yang tak terelakkan. Kalau punya kuasa menolak sebuah tugas yang menyebalkan, Anda tentu tak perlu membaca sejauh ini. Alasan yang perlu dicari adalah sebuah motivasi bagus mengapa Anda harus menyelesaikan tugas ini. Apa ganjaran yang akan diperoleh dan sebaliknya ‘hukuman’ apa yang menanti bila Anda mengabaikan? Lebih bagus lagi kalau bias melihat sisi positifnya ketimbang soal reward dan punishment tadi. Anggap saja ini sebuah ujian untuk naik ke kelas yang lebih tinggi, atau Anda memang orang yang pantas untuk tugas ini.


3. Bersyukurlah


Carilah orang yang Anda anggap paling tidak beruntung di dunia. Misalnya, orang-orang yang baru saja terkena PHK. Penjaga pintu tol yang kerjanya hanya menyodorkan karcis sepanjang hari, tanpa mengenal siapa orangnya. Siapa saja, kalau kesulitan mencarinya, pergilah ke toilet, atau membaca koran dan mendengarkan berita dari radio. Ada banyak hal yang bisa membuat Anda ‘bersyukur’ karena Anda ‘hanya’ menghadapi sekelumit tugas yang menyebalkan.


4. Bermainlah


Dalam pekerjaan yang serius sekalipun, kita bias menemukan unsur permainan di dalamnya. Itu bila Anda mau mencarinya. Misalnya saja, Anda paling sebal kalau diminta membuat presentasi. Jangan buat yang biasa-biasa saja. Buatlah presentasi dengan program yang memungkinkan Anda untuk bereksperimen. Itu merupakan suatu petualangan yang mengasyikkan. Bermainlah dengan animasi, menambahkan sound effect atau aksesoris lainnya. Carilah kegembiraan di dalamnya. Kesenangan Anda akan bertambah begitu mendapatkan respon positif dari rekan kerja, bos atau klien Anda tentang presentasi yang sudah Anda buat.


5. Foolish Yourself


Apakah Anda percaya bahwa semua yang kita lakukan berawal dari pikiran kita sendiri? Apabila Anda berpikir bahagia, maka Anda akan bahagia. Sebaliknya juga begitu, bila Anda berpikir bahwa hidup begitu menyedihkan hanya karena tugas menyebalkan itu, Anda akan semakin terpuruk. Berpikir dan berjiwa besar saja. Yang perlu kita lakukan adalah memikirkan hal–hal yang positif, meski itu berarti Anda membohongi diri sendiri. Berbohong yang ini, sama sekali tidak dilarang kok!


6. What’s Next?


Bayangkan apa yang akan Anda lakukan bila berhasil melewati tugas yang menyebalkan ini. Anda punya janji ngopi dengan teman, ingin menghibur diri dengan menambah koleksi buku bacaan terbaru, atau sekedar membayangkan betapa merdekanya hati ini bila tugas sudah lewat. Punya rencana untuk merayakan kemenangan setelah melewati ujian berat bisa menolong Anda menyelesaikan tugas untuk segera mendapatkan kenikmatan yang sudah direncanakan.


7. Lakukan Secepatnya


Semakin Anda menunda untuk menyelesaikan pekerjaan, semakin panjang Anda harus hidup dengan rasa sebal itu. Jadi kenapa terus membaca artikel ini? Lebih baik Anda kembali bekerja dan enyahkan sumber kesebalan itu.

Label:

kumpulan kata bijak

esuatu yang baik, belum tentu benar.

Sesuatu yang benar, belum tentu baik.

Sesuatu yang bagus, belum tentu berharga.

Sesuatu yang berharga/berguna, belum tentu bagus.

Pikiran yang terbuka dan mulut yang tertutup

merupakan suatu kombinasi kebahagiaan.

Semakin banyak Anda berbicara tentang diri sendiri,

semakin banyak pula kemungkinan untuk Anda berbohong.

Jika Anda tidak bisa menjadi orang pandai, jadilah orang yang baik.

Seorang teman sejati akan membuat Anda hangat dengan kehadirannya,

mempercayai akan rahasianya dan mengingat Anda dalam doa-doanya.

Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya

menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan.

Jika kita berbuat baik, kebaikan pula yang akan kita terima kelak.

Senyum tidak hanya akan menampilkan wajah yang cerah,

namun juga menghangatkan jiwa.

Cinta itu angkuh dan lembut.

Lebih baik memiliki cinta daripada memiliki semua bintang di langit.

Yang penting bukan berapa lama kita hidup, tetapi bagaimana kita hidup.

Nasihat yang baik tidak pernah datang terlambat.

Iri hati yang ditunjukan kepada seseorang akan melukai diri sendiri.

Anda cuma bisa hidup sekali saja didunia ini,

tetapi jika anda hidup dengan benar, sekali saja sudah cukup.

Kenangan indah masa lalu hanya untuk dikenang, bukan untuk diingat-ingat.

Rasa takut bukanlah untuk dinikmati, tetapi untuk dihadapi.

Orang bijaksana selalu melengkapi kehidupannya dengan banyak persahabatan.

Lidah anda yang menentukan siapa anda.

Diantara isi rumah tangga, anak-anaklah yang terbaik.

Cinta seringkali akan lari bila kita mencari,

tetapi cinta jua seringkali dibiarkan pergi bila ia menghampiri.

Jika kejahatan di balas kejahatan, maka itu adalah dendam.

Jika kebaikan dibalas kebaikan itu adalah perkara biasa.

Jika kebaikan dibalas kejahatan, itu adalah zalim.

Tapi jika kejahatan dibalas kebaikan, itu adalah mulia dan terpuji.

Jika Anda tidak memulai hari ini dengan senyuman,

belum terlambat untuk mencobanya pada hari esok.

Buka mata kita lebar-lebar sebelum menikah,

dan biarkan mata kita setengah terpejam sesudahnya

Persahabatan sejati layaknya kesehatan,

nilainya baru kita sadari setelah kita kehilangannya

Seorang sahabat adalah yang dapat mendengarkan lagu di dalam hatimu

dan akan menyanyikan kembali tatkala kau lupa akan bait-baitnya

Bertemanlah dengan orang yang suka membela kebenaran.

Dialah hiasan dikala kita senang dan perisai diwaktu kita susah

Namun kita tidak akan pernah memiliki seorang teman,

jika kita mengharapkan seseorang tanpa kesalahan.

Karena semua manusia itu baik kalau kita bisa melihat kebaikannya

dan menyenangkan kalau kita bisa melihat keunikannya tapi semua manusia

itu akan buruk dan membosankan kalau kita tidak bisa melihat keduanya.

Tak seorang pun sempurna.

Mereka yang mau belajar dari kesalahan adalah bijak.

Menyedihkan melihat orang berkeras

bahwa mereka benar meskipun terbukti salah

Bila Kita mengisi hati kita dengan penyesalan untuk masa lalu dan

kekhawatiran untuk masa depan,

kita tak memiliki hari ini untuk kita syukuri.

Perlukah merasa kecil dan malu dihina?

Orang yang dihina itu sebenarnya memungut pahala cuma-cuma

tanpa perlu bersusah payah

Semulia-mulia manusia ialah siapa yang mempunyai adab,

merendahkan diri ketika berkedudukan tinggi,

memaafkan ketika berdaya membalas dan bersikap adil ketika kuat.

(Khalifah Abdul MAlik bin Marwan)

Barang siapa yang selalu kekenyangan maka banyaklah dagingnya,

dan siapa yang banyak dagingnya maka kuatlah nafsunya.

Siapa yang kuat nafsunya maka banyaklah dosanya,

siapa yang banyak dosanya maka keraslah hatinya dan

siapa yang keras hatinya maka tenggelamlah dia

dalam bencana dunia serta keindahannya

Sesungguhnya sebagian perkataan itu ada yang lebih keras dari batu,

lebih tajam dari tusukan jarum, lebih pahit daripada jadam dan

lebih panas daripada bara.

Sesungguhnya hati adalah ladang,

maka tanamlah ia dengan perkataan yang baik,

karena jika tidak tumbuh semuanya (perkataan yang tidak baik)

niscaya tumbuh sebagiannya

Tidak ada simpanan yang lebih berguna daripada ilmu.

Tidak ada sesuatu yang lebih beruntung daripada adab.

Tidak ada kawan yang lebih bagus daripada akal.

Tidak ada benda ghaib yang lebih dekat daripada maut.

Sekali tidak berhasil bukan berarti gagal selamanya

Kebahagiaan takkan pernah bisa dibeli dengan uang

Orang yang banyak ketawa itu kurang wibawanya.

Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina.

Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya.

Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain,

pasti kehormatan dirinya akan terjaga

Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil di sisi Allah

laksana berada di atas mimbar yang terbuat dari cahaya.

Mereka itu orang-orang yang berlaku adil dalam menetapkan hukum

baik kepada rakyat maupun kepada keluarga

Tiga sifat yang menyebabkan penyandangnya tidak tentram dalam hidupnya :

iri, dengki, dan akhlak buruk

Hiduplah Sesuka hatimu,

Sesungguhnya kamu pasti mati.

Cintai siapa saja yang kamu senangi,

Sesungguhnya kamu pasti akan berpisah dengannya.

Lakukan apa saja yang kamu kehendaki,

Sesungguhnya kamu akan memperoleh balasannya.

Tidak ada kebaikan bagi pembicaraan kecuali dengan amalan.

Tidak ada kebaikan bagi harta kecuali dengan kedermawanan.

Tidak ada kebaikan bagi sahabat kecuali dengan kesetiaan.

Tidak ada kebaikan bagi shadaqah kecuali niat yang ikhlas.

Tidak ada kebaikan bagi kehidupan kecuali kesehatan dan keamanan

Banyak orang akan datang dan pergi dari kehidupanmu,

tetapi hanya sahabat-sahabat sejati yang akan

meninggalkan bekas di dalam hatimu.

Untuk menangani dirimu, gunakan kepalamu.

Tetapi untuk menangani orang lain, gunakan hatimu.

Kemarahan hanyalah satu kata yang dekat dengan bahaya.

Pikiran yang besar membicarakan ide-ide;

Pikiran yang rata-rata membicarakan kejadian-kejadian;

Dan pikiran yang kerdil membicarakan orang-orang.

Allah memberikan kepada setiap burung makanan mereka,

tetapi Ia tidak melemparkan makanan itu ke dalam sarang mereka.

Ia yang kehilangan uang, kehilangan banyak;

Ia yang kehilangan seorang teman, kehilangan lebih banyak;

Tetapi ia yang kehilangan keyakinan, kehilangan semuanya.

Belajarlah dari kesalahan orang lain.

Engkau tidak dapat hidup cukup lama untuk

mendapatkan semua itu dari dirimu sendiri.

Lidah praktis tidak berat sama sekali,

tetapi hanya sedikit orang yang dapat memegangnya.

Smart people learn from their own mistakes.

Smarter people learn from the mistakes of others.


Label:

16 tipe manajer

Kata orang, karakter dapat memengaruhi kepribadian, kehidupan, dan suasana dimana seseorang bekerja. Menurut karyawannya, si Polan, seroang manajer bersifat tenang, pendiam dan analitis. Maka dapatlah ditebak dalam tugas sehari - harinya, pasti ia lebih menginginkan suatu hal yang pasti, selalu berhati - hati dan serius dengan pekerjaannya. “EFSJ dibicarakan di sini.” Terbaca suatu pesan di atas meja seorang akuntan pada Compass Computer Service di Dallas. Hal ini disebabkan karena bossnya mempunyai sifat “ISTJ”. Singkatan huruf - huruf tersebut dapat juga dijumpai pada puncak gedung Trans Amrica di San Fransisco, Naval Surface eapon Centre di dekat Washington dan juga terlihat pada kantor pusat Virginia PowerCo. di Richmond. Bahkan sebuah iklan yang memuat ruang biro jodoh di Amerika Serikat menulis “seorang perempuan bertipe ENFP mencari pasangan hidup yang bertipe “INTJ”!

Apakah yang dimaksud dengan singkatan - singkatan huruf tersebut? Inisial - inisial misterius ini bukanlah lambang dari suatu aliran kepercayaan, tetapi keempat huruf yang tergabung menjadi satu ini adalah singkatan dari teori tipe - tipe manusia yang bersifat psikologis.

Kombinasi huruf - huruf yang mengungkapkan kepribadian yang dimiliki oleh setiap orang itu, pertama kali dibahas oleh seorang psikolog Swiss, Carl Jung, pada tahun 1921. Kemudian digunakan serta dikembangkan dalam sebuah kursus, oleh sebuah tim yang terdiri dari ibu dan anak, Katherine Briggs dan Isabel Briggs Myers, setelah Perang Dunia ke II di Amerika Serikat.

Secara lahiriah, setiap orang memunyai kecenderungan untuk bersifat extrovert atau introvert, sensing atau intuitive, thinking atau feeling, serta perceiving atau judging.

Extrovert berorientasi pada sifat - sifat lahiriah seseorang, sedangkan introvert berasal dari dalam yang menyangkut ide dan perasaan. Sifat sensing condong merinci seluk beluk suatu hal. Sementara intuitive membahas suatu hal secara garis besar.

Seorang pemikir (a thinker) biasanya memutuskan hal - hal dengan logis dan objektif, sedangkan seorang perasa (a feeler) memutuskan suatu hal dengan subjektif. Tipe perceiving cenderung untuk bertindak fleksibel dan mencari informasi yang lebih banyak, sedangkan tipe judging menginginkan sesuatu yang berjalan berdasarkan pertimbangan.

16 tipe manajer


Dalam kursus yang telah berjalan selama 20 tahun, Briggs dan Myers mengembangkan suatu test preferensi yang menunjukkan kepribadian individu. Tes ini tidak mengukur intelegensi, motivasi, kedewasaan, atau kesehatan mental seorang manajer. Teori dari kursus ini membagi manusia menjadi 16 tipe kepribadian yang berbeda, sesuai dengan 4 dimensi yang telah ditentukan. Setiap tes MBTI - Myers Briggs Type Indicator , petunjuk tipe Myer Briggs memunyai 100 pertanyaan tentang apa dan bagaimana yang dirasakan, serta yang akan dilakukan oleh seseorang dalam situasi tertentu. Contohnya, dalam sebuah acara perkenalan, apakah seseorang sering terlebih dahulu memperkenalkan dirinya atau menunggu untuk diperkenalkan. Karena sifat extrovert cenderung untuk memperkenalkan dirinya terlebih dahulu sedangkan introvert condong untuk diperkenalkan.

Apakah seorang manajer menyukai suatu tugas yang bervariasi, atau suatu tugas yang rutin/monoton? Sebab tipe judging cenderung menerima tugas yang bervariasi dan tipe perceiving cenderung pada tugas yang rutin. Apakah seorang manajer lebih suka bekerja sama dengan seseorang yang ramah dan berterus terang? Tipe feeling senang pada karyawan yang ramah dan tipe thinking lebih suka pada karyawan yang berterus terang. Dari penyelidikan tes MBTI dinyatakan 60% manajer umumnya adalah pemikir (a thinker).

Menurut penerbit buku tes MBTI - Consulting Pshychologists Press di Palo Alto, California, 1,5 juta masyarakat di Amerika Serikat mengikuti tes MBTI. Tes ini sangat populer di sana. Peserta dari tes ini bukan hanya perusahaan seperti Allied-Signal, Apple, AT&T, Citicorp, Exxon, dan lain sebagainya, tetapi juga digunakan oleh rumah sakit, angkatan bersenjata AS dan bahkan gereja.

Ke 16 tipe kepribadian manajer tersebut adalah:


1. ISTJ : Introvert, Sensing, Thinking, and Judging. Tipe ISTJ mempunyai sifat serius, tenang, penuh konsentrasi, dan logis. Seorang manajer yang bertipe ISTJ bertanggung jawab penuh dalam pekerjaannya dan segala tugasnya dikerjakan dengan praktis berdasarkan fakta yang ada.


2. ISFJ : Introvert, Sensing, Feeling, and Judging. Tipe ISFJ mempunyai sifat yang tenang, ramah, bertanggung jawab, teliti, setia dan baik budi. Tipe ISFJ mengungkapkan seorang manajer yang tekun bekerja untuk menyelesaikan tugas - tugasnya.


3. ISTP : Introvert, Sensing, Thinking, and Perceiving. Tipe ISTP mempunyai sifat yang tenang, pendiam, dan analitis. Manajer bertipe ISTP merupakan manajer yang melaksanakan tugasnya dengan serius dan teliti.


4. ISFP : Introvert, Sensing, Feeling, and Perceiving. Tipe ISFP ini mempunyai sifat malu, sangat ramah, sensitif, dan rendah hati. Manager bertipe ISFP adalah pekerja yang setia, tidak suka berdebat dan sering mengerjakan tugasnya dengan rileks.


5. ESTP : Extrovert, Sensing, Thinking, and Perceiving. Tipe ESTP mempunyai sifat tidak tergesa - gesa, penerima dan tidak sensitif. Tipe ini mengungkapkan seorang manajer yang tidak “ngoyo” dalam pekerjaannya.


6. ESFP : Extrovert, Sensing, Feeling, and Perceiving. Tipe ESFP mempunyai sifat ramah, tidak suka repot, humoris, dan mudah beradaptasi. Tipe ini menyatakan seorang manajer yang lebih mengutamakan kenyataan daripada teori dalam pekerjaannya.


7. ESTJ : Extrovert, Sensing, Thinking, and Judging. Tipe ESTJ mempunyai sifat praktis, realistis, dan tidak suka berkhayal. Manajer bertipe ESTJ tidak tertarik pada hal - hal yang tidak berguna, senang berorganisasi dan melakukan segala aktifitas.


8. ESFJ : Extrovert, Sensing, Feeling, and Judging. Tipe ESFJ mempunyai sifat ramah, suka bicara, populer, teliti dan memimpin. Dalam melakukan pekerjaannya, manajer bertipe ESFJ ini memerlukan keharmonisan dan dukungan semangat. Ia tertarik pada pemikiran yang abstrak.


9. INFJ : Introvert, Intuitive, Feeling, and Judging. Tipe INFJ mempunyai sifat sering memaksa, teliti, sering ikut campur, dan tekun. Tipeini adalah tipe manajer yang tekun bekerja dan terkenal dengan buah pikirannya yang cemerlang.


10. INTJ : Introvert, Intuitive, Thinking, and Judging. Tipe INTJ mempunyai sifat ragu - ragu, kritis, bebas, dan keras kepala. Tip manajer ini dapat menyalurkan ide dan pikirannya yang cemerlang dalam pekerjaannya.


11. INFP : Introvert, Intuitive, Feeling, and Perceiving. Tipe INFP mempunyai sifat senang mempelajari sesuatu yang baru, ramah, dan mudah dipercaya. Tipe ini mengungkapkan manajer tersebut senang bekerja.


12. INTP : Introvert, Intuitive, Thinking, and Perceiving. Tipe INTP mempunyai sifat tenang, pendiam, dan apatis. Tipe ini adalah tipe manajer yang senang melakukan tugasnya berdasarkan teori.


13. ENFP : Extrovert, Intuitive, Feeling, and Perceiving. Tipe ini bersifat antusis, bersemangat tinggi, banyak akal, dan imajinatif. Seorang manajer yang mampu melakukan semua tugas yang diberikan padanya. Ia dapat membantu memecahkan problem yang mendera perusahaan.


14. ENTP : Extrovert, Intuitive, Thinking, and Perceiving. Tipe ini bersifat cepat dan banyak akal. Tipe ini adalah tipe manajer yang senang berdebat dan mengabaikan tugas yang dianggapnya rutin.


15. ENFJ : Extrovert, Intuitive, Feeling, and Judging. Tipe ini bersifat ramah, populer, dan sensitif terhadap pujian maupun kritikan. tipe manajer ini adalah tipe seseorang yang mau mendengarkan pendapat dan merasakan kesulitan orang lain.


16. ENTJ : Extrovert, Intuitive, Thinking, and Judging. Tipe ini bersifat ramah, berterus terang, tegas, dan berjiwa pemimpin. Ini adalah tipe seorang manajer yang menghargai suatu alasan yang tepat dan masuk akal.

Pemecah Masalah


Banayk perusahaan menggunakan proses MBTI dalam program mengembangkan manajemen mereka untuk menolong para manajer agar lebih mengetahui karakteristik mereka yang sesungguhnya, dan mengerti pendapat orang lain serta menciptakan kerja sama yang baik. Disamping itu, tes ini juga berguna untuk memberi pekerjaan, evaluasi prestasi dan negosiasi perencanaan pemasaran, dalam suatu perusahaan yang ditimbulkan oleh komunikasi yang salah.

Tes MBTI


Pada prinsipnya, manusia memiliki perbedaan karakter psikologis, sehingga menyebabkan setiap orang memerlukan adaptasi. Akibatnya, setiap orang memiliki cara menerima dan membuat keputusan yang berbeda. Dengan mengikuti tes MBTI, seorang manajer akan dapat mengatasi situasi kaku dalam perusahaan dan mengetahui sifat orang lain demi meningkatkan kemajuan perusahaan.


Label:

php dan mysql

Php dan mysql


Untuk koneksi PHP ke database MySQL dilakukan dengan menggunakan fungsi-fungsi mysql_connect(), mysql_pconnect(), mysql_select_db().


mysql_connect()


mysql_connect () digunakan untuk melakukan koneksi ke server database MySQL. Format penulisan : mysql_connect(nama_host, nama_user, password); Jika parameter nama host tidak dideklarasikan, otomatis akan berisi localhost. Koneksi ke database akan secara otomatis terputus pada saat script program selesai dieksekusi seluruhnya, kecuali diberikan perintah fungsi mysql_close(). Fungsi mysql_connect() akan menghasilkan nilai true jika koneksi berhasil dilakukan dan nilai false jika gagal.


mysql_pconnect()


Fungsi mysql_pconnect() juga digunakan untuk membangun akses ke database, sama dengan fungsi mysql_connect(). Sedikit perbedaannya adalah jika menggunakan fungsi mysql_pconnect(), koneksi tidak akan terputus meskipumn program telah selesai dieksekusi.


mysql_create_db()


Fungsi mysql_create_db() digunakan untuk membuat sebuah database. Biasanya untuk sebuah aplikasi digunakan sebuah database. Sebuah database akan berisi beberapa tabel. Format penulisan :

mysql_create_db(“nm_database”);


Fungsi mysql_select_db()


Fungsi ini berguna untuk memilih atau mengaktifkan database, seperti dalam program klien mysql pakai USE . format penulisannya:


mysql_select_db(database,pengenal_hub)


Dalam hal ini database adalah nama database yang digunakan, sedang pengenal_hub adalah pengenal yang diperoleh dari pemanggilan fungsi mysql_connect().


mysql_query()


PHP tidak menyediakan fungsi khusus untuk membuat tabel dengan field-fieldnya, sehingga untuk membuat tabel data tetap menggunakan sintaks dari program database MySQL yang digunakan, kemudian sintaks dioperasikan menggunakan fungsi mysql_query(). Sehingga fungsi mysql_query() adalah menjalankan perintah query yang terdapat di MySQL.


mysql_db_query()


fungsi ini berfungsi untuk menjalankan suatu permintaan terhadap suatu database format penulisan :


mysql_db_query(database,permintaan,pengenal_hub)


dalam hal ini pengenal_hub menyatakan pengenal yang didapat dari fungsi mysql_connect(), sedangkan dalam nama database yang dipergunakan dan permintaan adalah perintah sql.


Session


Pada waktu kita browsing menjelajahi website, misalnya e-mail, kita akan diminta memasukkan username dan password. Prosedur ini hanya dilakukan sekali pada awal proses. Selanjutnya sistem akan ‘mengingat’ identitas kita, dan menampilkan informasi yang sesuai. Tanpa adanya session, sistem akan salah dan menampilkan data rahasia ke orang yang salah.


Konsep session


Session bekerja seperti tempat penitipan barang di supermarket. Kita datang, menitipkan barang bawaan, dan petugas akan memberikan tanda pengenal. Pada saat kita akan mengambil barang, kita memberikan tanda pada petugas, dan petugas akan dapat mengambil barang yang dititipkan tanpa tertukar dengan barang orang lain. Permasalahan yang terjadi adalah, bagaimana “tanda pengenal” tersebut akan disimpan pada setiap halaman yang diakses user, sehingga dapat diakses oleh sistem setiap kali user mengklik link. Ada tiga alternatif yang dapat digunakan untuk menyimpan data session :


1. Cookie

2. Hidden Form

3. URL Embedding


Cookie


Cookie adalah informasi yang disimpan pada browser user. Script menjalankan function setcookie yang akan menulis data di harddisk user. Cookie ditulis pada browser user dengan menggunakan perintah :


setcookie(“user”, “samtech”);


Setelah itu, variabel $user akan tersedia setiap kali browser user mengakses sistem. Cookie akan hilang dari browser user setelah melewati masa kadaluarsa yang ditentukan atau dihapus melalui perintah:


setcookie(“user”);


Pendekatan ini banyak mengundang kontroversi. Karena cookie dapat menghilangkan privacy user dan berpotensi mengandung virus. Oleh karena itu, user dapat menonaktifkan cookie melalui setting di browser. Dengan demikian, pendekatan ini kurang handal untuk diterapkan pada aplikasi kita.


Hidden Form


Cara kedua untuk menyimpan data session adalah dengan menyimpan data tersebut pada hidden input yang ada dalam form. Misalnya denganmenggunakan kode : cara ini juga tidak dapat dilakukan di segala kondisi, karena ada saatsaat di mana kita tidak dapat menggunakan form.


URL Embedding


Cara terakhir yang pasti berhasil adalah dengan “menempelkan” variabel session di link/URL. Misalnya link menuju login.php dimodifikasi menjadi login.php?user=samtech. . Satu-satunya kerugian cara ini adalah, link URL menjadi tidak bisa di’bookmark’. Selain itu, link menjadi tidak indah dipandang mata.


Session API


Session API PHP menggabungkan teknik cookie dan teknik URL Embedding. Apabila user mengaktifkan cookie, PHP akan menyimpan data session pada cookie. Tetapi apabila cookie di-disable user, PHP akan menyimpan data session pada URL.


session_start();,


menandakan bahwa mulai dari sini session di jalankan


session_register(“user”);,


menyatakan bahwa nantinya session akan menggunakan ini untuk mengenalkan variable ini ke halaman lain


session_destroy();,


perintah untuk menghapus session yang telah diregister


Enkripsi data


Enkripsi data sangat tepat digunakan pada saat kita menyimpan data rahasia, misalnya penyimpanan data password yang tidak mungkin dibaca oleh orang lain bahkan oleh seorang administrator. Perintah-perintah enkripsi antara lain:


password(‘kata yang dienkripsi’)

crypt(‘kata yang dienkripsi’,’password pengenkripsi’)

md5(‘kata yang dienkripsi’)

crc32. (‘kata yang dienkripsi’)


Label:

dasar php(bag3)

Aplikasi Web

Bagian ini menjelaskan aspek-aspek bahasa PHP yang khusus berhubungan dengan pengembangan aplikasi Web. Agar contoh-contoh pada bagian ini dapat dijalankan, diperlukan web server (misal: apache) yang mendukung aplikasi PHP. Cara mensetup apache agar dapat mendukung PHP tidak dijelaskan.


Method GET dan POST


Aplikasi web adalah berbasiskan interaksi antara 2 program, yang masingmasing berperan sebagai client dan server. Dalam konteks bahasan ini, server adalah web server (misal: apache httpd 2, apache httpd 1, tomcat, jetty) dan client adalah web browser (misal: mozilla firefox, konqueror, epiphany, opera) Server adalah program pertama yang berjalan dan menyediakan service yang dapat direquest oleh client. Selanjutnya client berjalan, dan mengirimkan request kepada server, server menerima dan memproses request tersebut dan menghasilkan response. Client menerima response dan merepresentasikan response tersebut ke pengguna. Web request dapat dikirimkan dalam 2 method (cara) GET dan POST.


Method GET digunakan apabila operasi yang diharapkan terjadi di sisi server, akibat adanya request ini, tidak akan mengakibatkan perubahan (pada data atau sumber data).


Method POST digunakan apabila operasi yang diharapkan terjadi di sisi server, akibat adanya request ini, akan mengakibatkan perubahan (pada data atau sumber data). Web request dapat memiliki parameter, yang diperlakukan oleh aplikasi sebagai data string.


Pada method GET, parameter tersebut dikirimkan sebagai bagian dari URL, dan panjang parameter dibatasi oleh panjang maksimum URL. Pada method POST, parameter tersebut dikirimkan dalam body request. Panjang parameter tidak terbatas.


Menangani request


Aplikasi PHP yang baik, dirancang untuk menangani request dengan benar. Menangani request terdiri atas:


. membaca data dari request sebagai masukan, termasuk parameter request.

. Melakukan proses untuk menghasilkan keluaran berdasarkan data request

. mengirimkan response


Request GET


Pada aplikasi PHP, parameter dari request GET dapat diakses menggunakan variabel khusus $_GET yang sudah didefinisikan oleh PHP. Variabel $_GET ini adalah array assosiatif, semua value harus diakses menggunakan key.


Request POST


Parameter dari request POST diakses menggunakan variabel $_POST. 38 Panduan Pendayagunaan Open Source Software: Bahasa Pemrograman Open Source Seperti halnya $_GET, variabel ini juga array assosiatif. Contoh aplikasi web sederhana:


Berikut ini contoh aplikasi web sederhana yang menerapkan berbagai subyek yang sudah dibahas.


Penjelasan Program


File head.php


Berisi header untuk setiap halaman web, agar tampilan konsisten. Header juga cocok untuk menempatkan include ke filefile yang menyediakan classclass atau fungsifungsi yang diperlukan oleh aplikasi.


define ("PEMILIK", "Irfan Mahdi");

req uire_once("ordersvc.php");

?>

Warung Web

4.3.2.File ordersvc.php

File ini berisi definisi class yang diperlakukan aplikasi untuk memproses pesanan.

class OrderService {

private $produk = array('01'=>'Gadogado',

'02'=>'Bakmi Ayam',

'03'=>'Tong Seng');

private $pilihan = array (

'01' => array(

'cabe > 10','banyak sayuran','ketupat','nasi'

),

'02' => array(

'pangsit kering','pangsit basah','bakso'

),

'03' => array(

'banyak tulang','banyak daging','banyak kuah'

)

);

// constructor

function OrderService() {

}

// @return daftar produk

function produk() {

return $this>

produk;

}

// @return pilihan

function pilihan($prod) {

return $this>

pilihan[$prod];

}

// proses pesanan

function proses_pesanan($prod, $kirimke, $konfig)

{

echo 'Terimakasih, ',"\n";

echo "Kami segera mengirimkan pesanan ke $kirimke,

kalau kebetulan lewat..
\n";

if($konfig) {

echo '

    ';

    foreach($konfig as $d) {

    echo '

  • ', $this>
  • pilihan[$prod][$d],"\n";

    }

    echo '

';

} else {

echo "Anda memilih menu standard
\n";

}

}

}

?>


File menu.php


Menampilkan menu pilihan:


include('head.php')

?>

Selamat datang di warung

Apa yang anda inginkan:

    $os = new OrderService();

    foreach($os>

    produk() as $key => $value) {

    echo '


  1. href="pesan.php?prod=',$key,'">',$value,'',"\n";

    }

    ?>

include('tail.php');

?>


File pesan.php


Untuk memproses pesanan, dan menampilkan response. Jika pesanan sudah diproses form tidak ditampilkan lagi


include('head.php');

$os = new OrderService();

if (!empty($_POST)) {

$konfig = $_POST['konfig'];

$kirimke = $_POST['kirimke'];

$prod = $_POST['prod'];

if(empty($kirimke)) {

echo "mau dikirim kemana?\n";

}

else

{

$os>

proses_pesanan($prod, $kirimke, $konfig);

$sudahpesan = true;

}

}

if (!$sudahpesan) {

?>

backgroundcolor:

lightgreen;">

" type="hidden">

}

include('tail.php');

?>



Konfigurasi

$prod = $_GET['prod'];

$options = $os>

pilihan($prod);

$i = 0;

foreach($options as $value) {

echo '

$i++,'">', $value, "\n";

}

?>

kirim ke alamat

Label: